Senin, 05 Maret 2012

Mengenal Darah Kita

Darah adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh kita. Darah bertugas mengedarkan zat-zat makanan dan oksigen ke seluruh  sel-sel tubuh. Kita mengenal darah sebagai cairan berwarna merah, agak kental, dan lengket. Nah, tahukah kalian, ternyata darah terbentuk dari beberapa unsur. Apa sajakah itu?
Sel Darah Merah (Eritrosit)
Sel-sel darah didominasi oleh sel darah merah atau eritrosit, yaitu 99% dari jumlah seluruh sel darah. Sel darah merah berfungsi membawa oksigen ke jaringan-jaringan tubuh lewat darah. Bagian terpenting dalam eritrosit adalah hemoglobin yang bertugas mengikat oksigen.
Warna merah berasal dari warna hemoglobin. Pada manusia, sel darah merah dibuat di sumsum tulang belakang. Unsur utama pembentuk hemoglobin adalah zat besi. Sel darah merah hanya berumur selama 120 hari sebelum akhirnya dihancurkan dan diganti sel baru.
Keping Darah (Trombosit)
Trombosit atau keping darah adalah bagian darah yang berperan dalam proses pembekuan darah dengan membentuk darah beku. Trombosit memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak berwarna, tidak berinti, berukuran lebih kecil dari eritrosit dan leukosit, dan mudah pecah bila tersentuh benda kasar.
Plasma Darah
Darah terdiri 55% cairan dan 45% sel-sel darah. Cairan darah disebut dengan plasma darah.  Plasma darah adalah komponen terbesar dalam darah. Pada dasarnya, plasma darah merupakan air yang mengandung protein, glukosa, zat pembeku darah, mineral, hormon, dan karbon dioksida.
Plasma darah berfungsi untuk mengangkut sari makanan ke sel-sel serta membawa sisa pembakaran dari sel ke tempat pembuangan. Fungsi lainnya adalah menghasilkan zat kekebalan tubuh terhadap penyakit atau zat antibodi.
Sel Darah Putih (Leukosit)
Sel darah putih atau leukosit adalah bagian darah yang berfungsi membantu sistem kekebalan. Sel darah putih berfungsi melawan infeksi kuman yang masuk ke dalam tubuh. Sel darah putih tidak berwarna, memiliki inti, dapat bergerak secara bebas untuk menangkap kuman dan unsur asing yang masuk ke tubuh. Sel darah putih dibuat di sumsum merah, kura dan kelenjar limpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar